Benteng Pendem

Rabu, 06 Agustus 2014

Perencanaan dan Pembangunan Kaison di Pelabuhan Merak

Sudah tidak terasa, hampir 4 kali lebaran .......selalu menyambut kegiatan pekerjaan yang judulnya Pekerjaan untuk menghadapi angkutan Lebaran. Diantara pekerjaan di Pelabuhan Merak, diantaranya adalah pembangunan Kaison.
Adapun kaison adalah pondasi yang berbentuk kotak, bulat atau konbinasi bentuk-bentuk tersebut dengan tampang melintang melintang yang relatif besar. Karena tampangnya yang besar ini, bagian dalam fondasi sering terbagi-bagi dalam ruangan-ruangan.
Pondasi kaison yang berbentuk silinder atau kotak beton dibuat dengan membenamkan silinder beton ditempatnya, bersamaan dengan penggalian tanah. Pondasi ini dimaksudkan untuk mengirimkan beban besar yang harus melaalui air atau material jelek sebelum mencapai tanah pendukung yang kuat. Pekerjaan pembuatan kaison memerlukan banyak alat-alat berat.

Kamis, 29 Agustus 2013

Persiapan Angkutan Lebaran - Pelabuhan Penyeberangan Merak

Sudah seperti Bang Toyib. Pekerjaan-pekerjaan yang ada selama ini banyak di Merak, terdampar di Pelabuhan Merak selama 3 tahun. Seperti Biasa, Pekerjaan berlanjut dari Dermaga 1, terus ke Dermaga 5 sampai sekarang berkutat di Eks KAI Merak.
Iseng-iseng di direksi keet Nindya Karya, membuat wallpaper Pelabuhan Merak tahun 2013. dan ini hasilnya.

Kantor ASDP Cabang Merak

Jalan masuk Pelabuhan sudah di perlebar
di Area Pos 2 


Semoga Bermanfaat Tulisan Terakhir





BENGKEL KOMPUTER





Minggu, 26 Mei 2013

Bengkel Komputer - Pemadatan

Tidak terasa Pelaksanaan Pekerjaan Rigid Pavement Sudah hampir 242 hari di Pelabuhan Merak. Hari ini sudah memasuki tapap ketiga atau tahap terakhir. Berbagai Kendala dan hambatan sering dijumpai. Dari berbagai hambatan yang sering dijumpai, diantaranya seputar Pemadatan tanah dasar. 

Rabu, 27 Februari 2013

Bengkel Komputer - Beberapa Teknik Meningkatkan Lapisan Tanah Dasar (Sub grade)

Subgrade ialah lapisan tanah dasar dibawah perkerasan.
• Satu-satunya fungsi subgrade (lapisan tanah dasar) pada perkerasan ialah untuk mendukung perkerasan. 

Untuk jalan raya, subgrade dapat berupa :
  1. Tanah asli setempat yang dipadatkan.
  2. Tanah urugan badan jalan yang dipadatkan :
  • Bila jalan terletak pada peninggian
  • Bila perkerasan jalan harus terletak pada suatu jarak (ketinggian) dari daerah sekitarnya. Biasanya material tanah urug ini lebih baik dari tanah aslinya.

Tanah-tanah subgrade yang menjadi lebih kokoh dibandingkan dengan aslinya, akibat pemadatan atau karena adanya tanah urug dengan material yang lebih baik, disebut sebagai “improved subgrade

Konsep Dasar pada lapis perkerasan  Beton 
  1. Memperbaiki / meningkatkan harga CBR dari subbase ataupun base course, dengan bahan yang lebih baik.
  2. Memperbaiki mutu lapis tanah dasar dengan cara : 
    • Stabilisasi kimia.
    • Stabilisasi mekanis
  3. Menimbun tanah dasar asli dengan bahan tanah timbunan yang lebih baik (CBR yang lebih tinggi)
  4. Mempertebal lapisan subbase maupun base course.
  5. Dengan cara-cara modern, antara lain dengan menambah lapisan penguat tipis antara tanah dasar (subgrade) dan lapisan pondasi (base/subbase) dengan menggunakan bahan-bahan geosintetik (geotextile, geogrid, dan lain-lain).
Metode Sheet Pile


Pemancangan Sheet Pile

Gelar Geogrid dan Geotextile


Pemancangan Mini Pile


Semoga Bermanfaat
Tulisan Terakhir





BENGKEL KOMPUTER





Kamis, 03 Januari 2013

Bengkel Komputer - Dowel dan Tiebars pada Sambungan Rigid Pavement

Sudah hampir 2 tahun berada di lokasi pekerjaan di Merak dan Bakauheni. Hampir 80% pekerjaan mengenai rigid Pavement.  Sekedar share, postingan kali ini tidak jauh dengan pekerjaan dilokasi proyek yakni mengenai dowel dan tiebars.

Rigid Pavement atau perkerasan kaku merupakan suatu konstuksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakan pelat beton yang terletak di atas pondasi atau langsung diatas tanah dasar pondasi atau langsung diatas dasar subgrade (jadi inget waktu kuliah nich....ketika membahas mengenai perkerasan)