Sudah tidak terasa, hampir 4 kali lebaran .......selalu menyambut kegiatan pekerjaan yang judulnya Pekerjaan untuk menghadapi angkutan Lebaran. Diantara pekerjaan di Pelabuhan Merak, diantaranya adalah pembangunan Kaison.
Adapun kaison adalah pondasi yang berbentuk kotak, bulat atau konbinasi bentuk-bentuk tersebut dengan tampang melintang melintang yang relatif besar. Karena tampangnya yang besar ini, bagian dalam fondasi sering terbagi-bagi dalam ruangan-ruangan.
Pondasi kaison yang berbentuk silinder atau kotak beton dibuat dengan membenamkan silinder beton ditempatnya, bersamaan dengan penggalian tanah. Pondasi ini dimaksudkan untuk mengirimkan beban besar yang harus melaalui air atau material jelek sebelum mencapai tanah pendukung yang kuat. Pekerjaan pembuatan kaison memerlukan banyak alat-alat berat.
Dalam tiap-tiap pelaksanaan sering ditemui masalah-masalah umum dan yang tidak bias dilakukan. Berikut ini akan dipelajari cara pelaksanaan pekerjaan pembuatan.
Tipe-tipe kaison dibagi menurut cara pembuatannya, yaitu :
Kaison terbuka (
open caisson)
Kaison pneumatic (
pneumatic caisson)
Kaison apung (
floating caisson)
Latar Belakang Pembangunan Kaison di Pelabuhan Merak adalah :
|
Kondisi Talud Eksisting Talud Pelabuhan Merak |
Sesuai dengan analisa topografi, karakteristik goologi teknis dan data pasut, dan pertimbangan ekonomis, maka talud yang digunakan adalah konstruksi Kaison.
|
Diantara uji Lab adalaha test Sondir di Pelabuhan Merak |
Perhitungan dihitung secara cermat dan detail,
|
Perencanaan Desain Kaison Pelabuhan Merak |
Maka di buat simulasi awal secara software terlebih dahulu
|
Simulasi dan Penghitungan RAB Pelaksanaan Pekerjaan |
Dalam Pelaksanaan Awal Konstruksi, ditentukan dengan metode sebagai Berikut :
|
Merencanakan Metode Pelaksanaan Yang Paling Efisien. |
Setelah mematangkan Perencanaan dan Metode yang akan digunakan, maka langkah pertama adalah melakukan pengukuran titik koordinat untuk peletakan kaison di lapangan.
|
Kaion atas dan Kaison Bawah |
Sementara, pelaksanaan pekerjaan sipil yang pertama dilakukan selain Pengukuran adalah pembuatan Begisting Kaion dan Pabrikasi Pembesiannya.
|
Pemasangan Kaison Dalam |
Setelah dilakukan pengecekan secara akurat, maka dilakukan pengecoran Beton readymix untuk kaison
|
Pengecekan Tulangan dan jarak selimut Beton |
|
Pengecoran di lakukan sore hari dan dibantu eksavator |
|
Setelah dituang diatas kaison yang di alas oleh papan, beton baru dituang
secara merata ke dalam kaison di bantu alat vibrator |
|
Karena menggunakan Sikabon (aditif untuk mempercepat pengeringan)
maka tak lupa disiapkan benda uji Kubus |
Karena memperhitungkan pabrikasi Kaison, baik kaison atas, maupun Kaison Bawah, maka pengerjaan dilakukan dua shift dan dua Regu.
|
Kaison bawah yang sudah dibuka begistingnya |
|
Begisting Kaison Atas |
|
Finishing dan Pengisian pada lubang-lubang bekas tie rod |
Secara paralel, pelaksaan pekerjaan selain pabrikasi kaison, juga mempersiapkan area pekerjaan yang akan dipasang kaison
|
Area talud yang akan diletakan kaison |
Pada tahap selanjutnya adalah peletakan kaison Bawah sesuai gambar shoft drawingnya.
|
Pemasangan Kaison Bawah |
|
Instalasi dilakukan secermat mungkin |
|
Instalasi Kaison Atas |
|
Kaison Bawah yang sudah masukan Lean Concrete |
|
Instalasi Kaison dari Dermaga 5 ke Dermaga 4 |
|
Finising Bagian Atas Kaison |
|
Finishing Bagian Atas Konstruksi Kaison |
|
Finishing Bagian Depak Kaison |
|
Finishing Kaison Belakang |
|
Kaison Pelabuhan Merak |
Semoga Bermanfaat
Tulisan Terakhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar