Benteng Pendem

Rabu, 06 Agustus 2014

Perencanaan dan Pembangunan Kaison di Pelabuhan Merak

Sudah tidak terasa, hampir 4 kali lebaran .......selalu menyambut kegiatan pekerjaan yang judulnya Pekerjaan untuk menghadapi angkutan Lebaran. Diantara pekerjaan di Pelabuhan Merak, diantaranya adalah pembangunan Kaison.
Adapun kaison adalah pondasi yang berbentuk kotak, bulat atau konbinasi bentuk-bentuk tersebut dengan tampang melintang melintang yang relatif besar. Karena tampangnya yang besar ini, bagian dalam fondasi sering terbagi-bagi dalam ruangan-ruangan.
Pondasi kaison yang berbentuk silinder atau kotak beton dibuat dengan membenamkan silinder beton ditempatnya, bersamaan dengan penggalian tanah. Pondasi ini dimaksudkan untuk mengirimkan beban besar yang harus melaalui air atau material jelek sebelum mencapai tanah pendukung yang kuat. Pekerjaan pembuatan kaison memerlukan banyak alat-alat berat.

Dalam tiap-tiap pelaksanaan sering ditemui masalah-masalah umum dan yang tidak bias dilakukan. Berikut ini akan dipelajari cara pelaksanaan pekerjaan pembuatan.
Tipe-tipe kaison dibagi menurut cara pembuatannya, yaitu :
Kaison terbuka (open caisson)
Kaison pneumatic (pneumatic caisson)
Kaison apung (floating caisson)
Latar Belakang Pembangunan Kaison di Pelabuhan Merak adalah :
Kondisi Talud Eksisting Talud Pelabuhan Merak
Sesuai dengan analisa topografi, karakteristik goologi teknis dan data pasut, dan pertimbangan ekonomis, maka talud yang digunakan adalah konstruksi Kaison.
Diantara uji Lab adalaha test Sondir di Pelabuhan Merak

Perhitungan dihitung secara cermat dan detail,

Perencanaan Desain Kaison Pelabuhan Merak
Maka di buat simulasi awal secara software terlebih dahulu
Simulasi dan Penghitungan RAB Pelaksanaan Pekerjaan

Dalam Pelaksanaan Awal Konstruksi, ditentukan dengan metode sebagai Berikut :

Merencanakan Metode Pelaksanaan Yang Paling Efisien.
Setelah mematangkan Perencanaan dan Metode yang akan digunakan, maka langkah pertama adalah melakukan pengukuran titik koordinat untuk peletakan kaison di lapangan.
Kaion atas dan Kaison Bawah
Sementara, pelaksanaan pekerjaan sipil yang pertama dilakukan selain Pengukuran adalah pembuatan Begisting Kaion dan Pabrikasi Pembesiannya.
Pemasangan Kaison Dalam

Setelah dilakukan pengecekan secara akurat, maka dilakukan pengecoran Beton readymix untuk kaison
Pengecekan Tulangan dan jarak selimut Beton
Pengecoran di lakukan sore hari dan dibantu eksavator
Setelah dituang diatas kaison yang di alas oleh papan, beton baru dituang
secara merata ke dalam kaison di bantu alat vibrator
Karena menggunakan Sikabon (aditif untuk mempercepat pengeringan)
maka tak lupa disiapkan benda uji Kubus
Karena memperhitungkan pabrikasi Kaison, baik kaison atas, maupun Kaison Bawah, maka pengerjaan dilakukan dua shift dan dua Regu.
Kaison bawah yang sudah dibuka begistingnya
Begisting Kaison Atas
Finishing dan Pengisian pada lubang-lubang bekas tie rod
Secara paralel, pelaksaan pekerjaan selain pabrikasi kaison, juga mempersiapkan area pekerjaan yang akan dipasang kaison
Area talud yang akan diletakan kaison

Pada tahap selanjutnya adalah peletakan kaison Bawah sesuai gambar shoft drawingnya.
Pemasangan Kaison Bawah
Instalasi dilakukan secermat mungkin
Instalasi Kaison Atas
Kaison Bawah yang sudah masukan Lean Concrete
Instalasi Kaison dari Dermaga 5 ke Dermaga 4
Finising Bagian Atas Kaison
Finishing Bagian Atas Konstruksi Kaison
Finishing Bagian Depak Kaison
Finishing Kaison Belakang
Kaison Pelabuhan Merak

Semoga Bermanfaat Tulisan Terakhir





BENGKEL KOMPUTER





Tidak ada komentar:

Posting Komentar