Benteng Pendem

Minggu, 26 Mei 2013

Bengkel Komputer - Pemadatan

Tidak terasa Pelaksanaan Pekerjaan Rigid Pavement Sudah hampir 242 hari di Pelabuhan Merak. Hari ini sudah memasuki tapap ketiga atau tahap terakhir. Berbagai Kendala dan hambatan sering dijumpai. Dari berbagai hambatan yang sering dijumpai, diantaranya seputar Pemadatan tanah dasar. 


Ada suatu kondisi terhadap pemadatan yang dilaksanakan dilapangan yang disebut dengan ”membal”. Kondisi membal itu terlihat kalau kita berdiri didepan alat pemadat dan melihat kealat pemadat, terlihat tanah bergelombang seperti air waktu dipadatkan.



Kondisi membal ini diakibatkan oleh belum padatnya lapisan dibawahnya, sehingga untuk lapisan berikutnya (diatasnya) akan membal bila dipadatkan. Untuk kondisi membal ini maka lapisan yang sedang dipadatkan harus dikupas dulu dan lapisan dibawahnya dipadatkan sampai padat sesuai yang disyaratkan oleh spesifikasi.

Apabila lapisan yang menyebabkan membal itu kadar airnya terlalu tinggi, maka tanah harus digaruk dan dijemur dulu sampai kadar airnya sesuai dengan kadar air optimum laboratorium. 



Apabila membal diakibatkan oleh gradasi agregat/tanah yang kurang baik (segregasi) maka disarankan untuk menambah gradasi yang kurang. 



Bagian yang kurang digaruk kemudian ditambah dengan butir-butir yang kurang baru dipadatkan kembali. Disamping diakibatkan oleh kadar air dan segregasi pada butiran maka kondisi membal juga diakibatkan oleh terlalu tebalnya lapisan pemadatan.


Untuk ini lapisan harus digaruk lagi kemudian dikurangi ketebalannya dan dipadatkan lagi. Sebenarnya ada toleransi kadar air untuk dapat mencapai hasil seperti yang disyaratkan oleh spesifikasi. Kadar air yang diperbolehkan dalam rentang 3% dibawah kadar air optimum sampai 1% diatas kadar air optimum.


Setelah selesai pemadatan ..... Pelaksanaan Pekerjan selanjutnya, baik untuk perkerasan kaku maupun perkerasan lentur

Manfaat dari pemadatan tanah adalah memperbaiki beberapa sifat teknik tanah.

1. Memperbaiki kuat geser tanah yaitu menaikkan nilai 6 dan C (memperkuat tanah).
2. Mengurangi kompresibilitas yaitu mengurangi penurunan oleh beban
3. Mengurangi permeabilitas yaitu mengurangi nilai k
4. Mengurangi sifat kembang susut tanah (lempung)

Pemadatan tanah biasanya digunakan pada pembuatan bendung, jalan raya, area parkir pelabuhan, lapangan terbang, dasar pondasi dsb. Perubahan yang terjadi jika tanah dipadatkan adalah pengurangan volume pori tanah sehingga akibatnya Volume total tana hberubah Nilai C dan e berkurang Q
Berat volume kering (Ɣ ) naik sesuai rumus Ɣ k - ------------- 1-t-e

vs


Derajat kenyang air naik meskipun kadar air tetap S = Vv
Dalam praktek yang digunakan sebagi ukuran kepadatan adalah berat volumekering g
t
Makin padat suatu tanah nilai ynaik

Hasil pemadatan suatu tanah disini dipengaruhi oleh
a. Tenaga pemadatan.
b. Kadar air tanah.

Sedangkan tenaga pemadatan ditentukan oleh: misalnya pada penggilasan yang menentukan adalah berat mesin gilas dan banyaknya lintasan penggilasan.




Semoga Bermanfaat Tulisan Terakhir





BENGKEL KOMPUTER





1 komentar: