Benteng Pendem
Selasa, 16 September 2014
Rabu, 06 Agustus 2014
Perencanaan dan Pembangunan Kaison di Pelabuhan Merak
Sudah tidak terasa, hampir 4 kali lebaran .......selalu menyambut kegiatan pekerjaan yang judulnya Pekerjaan untuk menghadapi angkutan Lebaran. Diantara pekerjaan di Pelabuhan Merak, diantaranya adalah pembangunan Kaison.
Adapun kaison adalah pondasi yang berbentuk kotak, bulat atau konbinasi bentuk-bentuk tersebut dengan tampang melintang melintang yang relatif besar. Karena tampangnya yang besar ini, bagian dalam fondasi sering terbagi-bagi dalam ruangan-ruangan.
Pondasi kaison yang berbentuk silinder atau kotak beton dibuat dengan membenamkan silinder beton ditempatnya, bersamaan dengan penggalian tanah. Pondasi ini dimaksudkan untuk mengirimkan beban besar yang harus melaalui air atau material jelek sebelum mencapai tanah pendukung yang kuat. Pekerjaan pembuatan kaison memerlukan banyak alat-alat berat.
Pondasi kaison yang berbentuk silinder atau kotak beton dibuat dengan membenamkan silinder beton ditempatnya, bersamaan dengan penggalian tanah. Pondasi ini dimaksudkan untuk mengirimkan beban besar yang harus melaalui air atau material jelek sebelum mencapai tanah pendukung yang kuat. Pekerjaan pembuatan kaison memerlukan banyak alat-alat berat.
Kamis, 29 Agustus 2013
Persiapan Angkutan Lebaran - Pelabuhan Penyeberangan Merak
Sudah seperti Bang Toyib. Pekerjaan-pekerjaan yang ada selama ini banyak di Merak, terdampar di Pelabuhan Merak selama 3 tahun. Seperti Biasa, Pekerjaan berlanjut dari Dermaga 1, terus ke Dermaga 5 sampai sekarang berkutat di Eks KAI Merak.
Iseng-iseng di direksi keet Nindya Karya, membuat wallpaper Pelabuhan Merak tahun 2013. dan ini hasilnya.
Semoga Bermanfaat
Tulisan TerakhirKantor ASDP Cabang Merak |
Jalan masuk Pelabuhan sudah di perlebar di Area Pos 2 |
Minggu, 26 Mei 2013
Rabu, 27 Februari 2013
Bengkel Komputer - Beberapa Teknik Meningkatkan Lapisan Tanah Dasar (Sub grade)
Subgrade ialah lapisan tanah dasar dibawah perkerasan.
• Satu-satunya fungsi subgrade (lapisan tanah dasar) pada perkerasan ialah untuk mendukung perkerasan.
Untuk jalan raya, subgrade dapat berupa :
- Tanah asli setempat yang dipadatkan.
- Tanah urugan badan jalan yang dipadatkan :
- Bila jalan terletak pada peninggian
- Bila perkerasan jalan harus terletak pada suatu jarak (ketinggian) dari daerah sekitarnya. Biasanya material tanah urug ini lebih baik dari tanah aslinya.
Tanah-tanah subgrade yang menjadi lebih kokoh dibandingkan dengan aslinya, akibat pemadatan atau karena adanya tanah urug dengan material yang lebih baik, disebut sebagai “improved subgrade”
Konsep Dasar pada lapis perkerasan Beton
- Memperbaiki / meningkatkan harga CBR dari subbase ataupun base course, dengan bahan yang lebih baik.
- Memperbaiki mutu lapis tanah dasar dengan cara :
- Stabilisasi kimia.
- Stabilisasi mekanis
- Menimbun tanah dasar asli dengan bahan tanah timbunan yang lebih baik (CBR yang lebih tinggi)
- Mempertebal lapisan subbase maupun base course.
- Dengan cara-cara modern, antara lain dengan menambah lapisan penguat tipis antara tanah dasar (subgrade) dan lapisan pondasi (base/subbase) dengan menggunakan bahan-bahan geosintetik (geotextile, geogrid, dan lain-lain).
Metode Sheet Pile |
Pemancangan Sheet Pile |
Gelar Geogrid dan Geotextile |
Semoga Bermanfaat
Tulisan Terakhir
Langganan:
Postingan (Atom)