Benteng Pendem

Kamis, 03 Januari 2013

Bengkel Komputer - Dowel dan Tiebars pada Sambungan Rigid Pavement

Sudah hampir 2 tahun berada di lokasi pekerjaan di Merak dan Bakauheni. Hampir 80% pekerjaan mengenai rigid Pavement.  Sekedar share, postingan kali ini tidak jauh dengan pekerjaan dilokasi proyek yakni mengenai dowel dan tiebars.

Rigid Pavement atau perkerasan kaku merupakan suatu konstuksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakan pelat beton yang terletak di atas pondasi atau langsung diatas tanah dasar pondasi atau langsung diatas dasar subgrade (jadi inget waktu kuliah nich....ketika membahas mengenai perkerasan)

Selasa, 01 Januari 2013

Bengkel Komputer - Cara Mengirim/Berbagi file besar [melalui Email] tanpa registrasi

Karena seringnya di lokasi kerjaan saling berkirim email, maka bengkel komputer akan saling share seputar kegitan email. Seperti minggu lalu, mengirim email dari kantor ke lokasi kerjaan berupa RKS, RAB, Gambar rencana dan lain-lain. Apalagi yang namanya gambar kerja, kapasitas filenya berukuran besar.

Sebagian kita mungkin sudah tahu batasan berkirim file melalui email. Google mail (Gmail) misalnya, membatasi berkirim file (attachment) maksimal 25 MB, yahoo sekitar 20 MB belum lagi file tertentu tidak bisa dikirim melalui email tersebut (seperti exe). Bagaimana solusi untuk hal itu?

Minggu, 02 Desember 2012

Bengkel Komputer - Download Google Earth 7


Belum lama ini Google earth telah merilis versi terbaru, Google Earth 7 dengan beberapa penambahan fitur dan tentu perbaikan dari versi sebelumnya. Google Eaerth tersedia untuk Windows, Linux dan Mac termasuk untuk desktop (PC), Gadget (mobile) dan juga untuk web browser menggunakan Google Earth Plugin.

Minggu, 25 November 2012

Bengkel Komputer - Kerusakan Jalan Beton akibat Pumping (Studi Kasus : Jalan Akses Dermaga 2 - Dermaga 3 Pelabuhan Penyeberangan Merak)


Perkerasan beton semen (rigid pavement) biasanya dibuat untuk dilewati lalu lintas berat dengan volume yang tinggi, karena menjajikan kekuatan lebih baik dan pemeliharaan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan perkerasan lentur. Namun, berdasarkan pengamatan terhadap jalan-jalan dengan perkerasan beton semen di Indonesia, telah terjadi banyak kerusakan dengan pumping (pemompaan) sebagai penyebab utamanya, di samping penyebab-penyebab lain yang berhubungan dengan kesalahan/ketidaktelitian dalam pelaksanaan konstruksi.

Pumping ini dapat mengakibatkan kerusakan hebat perkerasan beton semen yang berupa keretakan kepatahan yang disertai penurunan slab beton yang sangat membahayakan lalu lintas. Hal ini tentu saja mengakibatkan lonjakan kenaikan biaya pemeliharaan yang sangat besar, di samping terjadinya hambatan terhadap kelancaran lalu lintas.