Benteng Pendem

Sabtu, 04 Februari 2012

Bengkel Komputer - Tips Membuka File Microsoft Word 2007 dan 2010 di Microsoft Word 2003

Selama pengerjaan di lokasi proyek, seringkali untuk membuat pelaporan baik laporan harian, laporan mingguan maupun membuat berita acara terbentur masalah membuka file Docx microsoft word 2007 atau 2010 di word 2003. Apalagi mengerjakannya di warnet-warnet sekitar lokasi proyek yang masih menggunakan Ms Office 2003.

Bagi Anda yang masih setia pada Microsoft Office versi sebelum Ms Office 2007 seperti Ms Office 2003 atau XP secara default tidak bisa membuka file-file yang dibuat dengan menggunakan Ms Office 2007. Hal ini dikarenakan format file Ms Office 2003 sudah berbeda jauh dengan Ms Office 2007. Setelah pemunculan Microsoft Word 2007 pengguna lumayan di kejutkan dengan ekstensi yang digunakan yaitu “docx” ini berakibat file word yang di hasilkan tidak dapat dibuka pada Microsoft Word versi di bawahnya seperti 2003, 2000 dll. Belum lagi bagi pera pengguna Open Office atau Star Office, boleh dibilang ini merupakan pukulan telak yang “dimainkan” oleh Microsoft Corp. Namun ini bukan berarti tidak ada solusinya. Kali ini saya akan memberikan tips kepada anda bagaimana cara membuka file Word 2007 pada Word versi di bawahnya khususnya versi 2003 (ini yang sudah saya praktekkan).


Sebenernya ada beberapa converter yang menyediakan jasa khusus untuk menconvert file docx ke file doc ( word 2003 ) , seperti di docx2doc.com , atau http://www.zamzar.com yang lumayan terkenal. akan tetapi proses ini memakan waktu yang cukupĂ‚  panjang juga alias ribet , belum lagi kalau ukuran filenya besar makan waktu uploadnya akan lama dan belum tentu struktur wordnya masih benar, kadang kala jadi acak acakan.

Solusi yang paling tepat dalam masalah ini adalah dengan menginstall program khusus yang memang dibuat oleh microsoft untuk masalah ini:


Microsoft mengeluarkan Microsoft Office Compatibilty Pack for Word, Excel, Powerpoint File Format untuk Converter sehingga, Microsoft Office 2003 atau versi sebelumnya bisa membuka file-file dari Ms Office 2007. Syarat dan Ketentuan serta File Converter ini bisa di di baca pada website resmi Microsoft


Bagi yang mau download, bisa klik disini


Hasil download langsung install di komputer. Setelah di install coba cek microsoft word kamu , pasti sudah ada opsi untuk membuka file docx.




Semoga Bermanfaat


Tulisan Terakhir


BENGKEL KOMPUTER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar