Benteng Pendem

Minggu, 13 Maret 2011

Bengkel Komputer : Microsoft DirectX

Postingan Bengkel Komputer kali ini adalah Pengertian Microsoft DirectX. Microsoft directX adalah kumpulan API untuk menangani tugas – tugas yang berkaitan dengan multimedia, khususnya pemograman games dan video, pada Microsoft platform. DirectX1 1 diluncurkan untuk membantu para pengembang game video dalam mengembangkan game yang lebih baik memanfaatkan multi-core. Sederhananya DirectX itu adalah Aplication Programming Interfaces yang berfungsi mengizinkan aplikasi, seperti game, untuk dapat diterapkan dengan hardware kita.

DirectX itu adalah Aplication Programming Interfaces (API) yang paling popular untuk video card. kita  dan selalu di anjurkan agar menggunakan program DirectX versi terbaru, karena lebih bagus dari sebelumnya dan memakainya bagus sekali. Misalnya, ada game yang membutuhkan DirectX 9.0, maka sobat harus menginstakk DirectX 9 atau versi yang lebih baru lagi atau versi diatasnya. Begitu juga dengan hardware nya. Jika sobat memakai video card yang hanya mendukung, misalnya DirectX 8, maka saat game menggunakan perintah dalam DirectX 9, maka video card tidak akan mengerti perintah tersebut.Yang dilakukan hanyaolah proses dan proses emulasi dalam menjalankan perintah itu. Sedangkan kualitas emulasi tidak sempurna, maka akibatnya kualiatas gambar yang dihasilkan tak akan bagus seperti aslinya, sebagaimana bila dijalankan di DirectX.

Jangan kaget jika kita telah memiliki Vga yang canggih dan include didalamnya dengan directX yang terbaru tapi tidak dapat membuka game-game yang versi lama (terutama versi dos). DirectX yang terinstal dapat dilihat dengan cara buka menu  jendela “Run” dan ketik pada papan keyboard “dxdiag”.




Setelah keluar menu Dialog "DirectX Diagnostic Tool" tekan “Enter lalu akan muncul kotak dialog pilih Yes



Lalu kita dapat melihat baris yang paling bawah ada pada jendela DirectX Diagnostic Tool. Di sana  bisa melihat versi DirectX yang sobat pakai sekarang.




Sobat harus ingat di Windows7, tampilannya berbeda dengan di XP. Di Vista itu sobat harus melihat ke tulisan yang ada di bawah, contohnya 5.03.260x.xxxx. Disana kia akan mengetahui versi DirectxX 9.0x berapa yang kita pakai. Sebab di Vista atau windows7, DirectX version-nya semua akan ditulis DirectX 9.0x, meskipun yang sobat pakai sudah DirectX 10.1.

Untuk Download DirectX sampae juni 2010, dapat di download disini


Selamat membaca.
 
Tulisan Terakhir

BENGKEL KOMPUTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar