Aktivasi windows

Bengkel Komputer - Dowel dan Tiebars pada Sambungan Rigid Pavement

Share
Sudah hampir 2 tahun berada di lokasi pekerjaan di Merak dan Bakauheni. Hampir 80% pekerjaan mengenai rigid Pavement.  Sekedar share, postingan kali ini tidak jauh dengan pekerjaan dilokasi proyek yakni mengenai dowel dan tiebars.

Rigid Pavement atau perkerasan kaku merupakan suatu konstuksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakan pelat beton yang terletak di atas pondasi atau langsung diatas tanah dasar pondasi atau langsung diatas dasar subgrade (jadi inget waktu kuliah nich....ketika membahas mengenai perkerasan)


Walaupun secara grafis sering menggunakan metode Bina Marga maupun secara analitis menggunakan Metoda Penyederhanaan Friberg.

Secara singkat .Jenis Sambungan pada rigid Pavement terdiri dari :
  • Sambungan Susut, atau sambungan [ada bidang yang diperlemah (dummy) dibuat untuk mengaalihkan tegangan tarik akibat suhu, kelembaban, gesekan sehingga akan mencegah retak. Jika sambungan susut tidak dipasang, maka akan terjadi retak acak pada permukaan beton.
  • Sambungan muai, fungsi uatamanya untuk menyiapkan ruang mui pada perkerasan, sehingga mencegah terjadinya tegangan tekan yang akan menyebabkan perkerasan tertekuk.
  • Sambungan konstruksi (pelaksanaan), diperlukan untuk kebutuhan konstruksi (berhenti dan mulai pengecoran). Jarak antar sambungan memanjang disesuaikan dengan lebar alat atau mesin penghampar (paving machine) dan oleh tebal perkerasan.
  • Sambungan engsel, diperlukan pada perkerasan dengan pelat perkerasan cukup lebar (>7 m). Sambungan ini berupa sambungan kearah memanjang yang berfungsi sebagai panahan gaya lenting (warping)


Geometrik Sambungan
  • Jarak sambungan, tergantung pada keadaan bahan dan lingkungan setempat, dimana sambungan muai dan susut dangat tergantung pada kemampuan konstruksi dan tata letaknya. Sebagai petunjuk kasar, jarak antar sambungan = 24 –25 tebal pelat, daan secara umum perbandingan anatar lebar dibagi panjang pelat <1,25.
  • Dimensi sambungan, lebar sambungan, ditentukan oleh alur. Kedalaman takikan sambungan susut harus memadai untuk memastikan akan terjadi retak pada tempat yang dikehendaki. Biasaanya kedalaman takikan sambungan susut memanjang ¼ tebal pelat dan sambungan memanjang 1/3 tebal pelat
Tata letak sambungan



Dimensi bahan penutup sambungan

Dowel (ruji)
  • Dowel berupa batang baja polos maupun profil, yang digunakan sebagai sarana penyambung/pengikat pada rigid pavement.
  • Dowel berfungsi sebagai penyalur beban pada sambungan yang dipasang dengan separuh panjang terikat dan separuh panjang dilumasi atau dicat untuk memberi kebebasan bergeser
  • Perhitungan dowel menggunakan tabel berikut :

Sambungan Susut Melintang dengan Dowel

Contoh Detail Sambungan Muai dengan Dowel

Batang Pengikat (Tie Bar)
  • Tie bar adalah potongan baja profil yang dipasang pada lidah alur dengan maksud untuk mengikat pelat agar tidak bergerak horizontal. Batang pengikat dipasang pada sambungan memanjang.
  • Cara perhitungan tie bar menggunakan grafik berikut:
Jarak Tiebar Maksimum

Jarak Maksimum Tiebars

Contoh Detail Sambungan dengan tie bar

Pelaksanaan Pekerjaan Pembesian pada Rigid Pavement di Merak
Semoga Bermanfaat
Tulisan Terakhir





BENGKEL KOMPUTER