Benteng Pendem

Selasa, 01 Januari 2013

Bengkel Komputer - Cara Mengirim/Berbagi file besar [melalui Email] tanpa registrasi

Karena seringnya di lokasi kerjaan saling berkirim email, maka bengkel komputer akan saling share seputar kegitan email. Seperti minggu lalu, mengirim email dari kantor ke lokasi kerjaan berupa RKS, RAB, Gambar rencana dan lain-lain. Apalagi yang namanya gambar kerja, kapasitas filenya berukuran besar.

Sebagian kita mungkin sudah tahu batasan berkirim file melalui email. Google mail (Gmail) misalnya, membatasi berkirim file (attachment) maksimal 25 MB, yahoo sekitar 20 MB belum lagi file tertentu tidak bisa dikirim melalui email tersebut (seperti exe). Bagaimana solusi untuk hal itu?

Bisa saja kita memecah file-file menjadi beberapa bagian kemudian upload satu persatu dan si penerima nanti diminta menggabungkan lagi. Tetapi cara ini terkadang merepotkan, tidak semua penerima tahu bagaimana menggabungkan file, atau jika ukuran file agak besar, file harus dibagi menjadi banyak juga merepotkan.

Salah satu solusi termudah adalah dengan menggunakan layanan filesharing. Kita tinggal upload file menggunakan layanan website filesharing dan setelah selesai, kita bisa mengirimkan link download ke email tujuan.

Tetapi memilih layanan filesharing inipun tidak mudah, meskipun tersedia banyak pilihan. Belum lagi jika layanan filesharing tersebut penuh dengan iklan, bisa-bisa pengguna bingung link download yang mana yang harus diklik atau bisa salah download program yang bisa berbahaya di komputer.

Untuk memudahkan, berikut beberapa layanan pilihan yang bisa kita gunakan untuk upload file dan mengirim link download ke email tujuan. Saya pilihkan yang menyedikanan layanan gratis plus kita bisa upload tanpa harus registrasi(mendaftarkan diri) atau login (meskipun dengan login biasanya kita bisa mendapatkan fitur lebih banyak).

1. Cara pertama, file kita bisa disimpan di file hosting yang gratis terlebih dahulu.
2. Mengirim/Berbagi file besar [melalui Email] tanpa registrasi

FILE SHARING

Untuk File sharing yang gratis adalah sebagai berikut :

1. 4Shared
4shared adalah situs yang tidak asing di telinga kita, situs ini merupakan situs yang sering di akses oleh penggunanya untuk mencari file file seperti lagu, video, document dan lain-lain, 4shared juga dilengkapi dengan fasilitas Search sehingga memudahkan penggunanya mencari file yang di inginkan, 4shared menyediakan fasilitas FREE dan Premium dan pastinya berbeda fitur antara free dan premium





2. Mediafire
Mediafire adalah salah satu situs File sharing yang ngetrend di Indonesia, pasalnya situs ini menyediakan Space atau ruang kosong lebih dari 30 GigaByte sehingga memungkinkan untuk menyimpan file lebih banyak, selain itu Mediafire juga menyediakan fitur Premium yang tentunya akan memiliki fitur terbaik lainnya, download di situs ini kecapatannya sama dengan download lokal, sehingga kecepatannya bisa maksimal

3. Indowebster

Indowebster adalah situs filesharing buatan anak negri, yaps... produk indonesia tercinta, situs yang bermarkas di Jakarta selatan ini memiliki pengguna terdaftar yang tidak sedikit pasalnya file yang disimpan dalam server ini tergolong besar yaitu sekitar lebih dari 100 TeraByte. wow bukan, server situs IIX Server yang berarti apabila pengguna download dari sini, file kecepatannya mendapat maksimal karena berada di Server indonesia




4. Rapidshare
Situs Rapidshare juga merupakan salah satu situs File sharing Populer di Indonesia, jika membicarakan Rapidshare, para pengguna memiliki pendapat masing-masing, tentunya ada yang membicarakan kebaikannya dan tidaknya. Situs ini juga menyediakan 2 kategori penggunanya, pengguna FREE dan Pengguna Premium dan tentunya berbeda fitur juga.



5. FilesTube
FilesTube merupakan file sharing juga, namun FilesTube memiliki fitur yang tidak ada di File sharing lainnya yaitu FilesSharing yang berbasis Social Bookmarking yang artinya di dalam FilesTube terdapat file file dari File Sharing lainnya sehingga para pengguna lebih mudah melacak asal file sumbernya.

MENGIRIM FILE BESAR YANPA REGISTRASI

Untuk memudahkan, berikut beberapa layanan pilihan yang bisa kita gunakan untuk upload file dan mengirim link download ke email tujuan. Beikut ini  pilihan yang menyedikanan layanan gratis plus kita bisa upload tanpa harus registrasi (mendaftarkan diri) atau login (meskipun dengan login biasanya kita bisa mendapatkan fitur lebih banyak).


1. sendspace.com

Meskipun layanan yang diberikan relatif kecil dibandingkan yang lainnya (maksimal 300 MB) tetapi sangat mudah digunakan dengan antarmuka yang minimalist. Cocok jika ingin mengirim file kurang dari 300 MB tanpa harus repot registrasi/login.

Selain upload file, tersedia opsi untuk langsung menuliskan email pengirim dan email tujuan, sehingga begitu upload selesai, link file langsung terkirim ke penerima.

2. File Dropper

Kita bisa mengirim file sampai ukuran 5 GB gratis tanpa registrasi, tidak dibatasi jumlah kiriman dalam satu bulan. Link akan senantiasa aktif asalkan dalam satu bulan di download minimal satu kali.


Layanannya cukup sederhana, setelah file diupload, akan ditampilkan link download baik untuk dikirimkan ke email atau ditampilkan ke website.

3. DropSend

Bisa mengirim file sampai maksimal 2 GB, dilengkapi dengan enkripsi (AES 256bit) untuk keamanan data. Versi gratis kita hanya bisa mengirim sebanyak 5 kali dalam sebulan dan link download hanya aktif dalam 7 hari.

Fitur yang disediakan, kita bisa upload file sekaligus mengisikan email penerima dan pengirim serta judul dan isi email yang akan dikirimkan ke penerima.

4. Ge.tt

Dengan nama website yang simpel ini kita bisa berkirim file tanpa registrasi sebesar 250 MB, tanpa batasan jumlah upload perbulan dan link akan aktif selama 1 bulan.


Link download yang dihasilkan relatif lebih singkat dibanding yang lain, misalnya ge.tt/4igxkGU/v/0. Kita juga dapat langsung mengisikan email tujuan.

5. bayFiles

Kita bisa mengirim file sampai 5 GB tanpa harus registrasi. Setelah upload, selain disediakan link download (baik untuk email, web/html dan Forum), kita juga diberikan link untuk menghapus file tersebut sehingga link download sebelumnya tidak akan bisa digunakan lagi.

Link download akan aktif jika dalam sebulan ada yang melakukan download paling tidak satu kali.

6. Jumpshare

Meskipun dalam hal ukuran layanan jumpshare relatif kecil (maksimal tiap file 100 MB, dan jumlah kiriman total 2 GB/bulan), tetapi proses yang cepat serta berbagi fitur yang memudahkan bisa menjadikan layanan ini sebagai pilihan.

Setelah transfer, kita bisa melihat file yang diupload dan mengelola banyak file yang diupload dengan mudah. Link akan aktif dalam 2 minggu.

Itu mungkin hanya beberapa layanan yang memberikan fitur uploada gratis (tanpa registrasi). Jika kita ingin fitur lebih banyak, seperti memantau download atau mengedit konten, bisa dicoba layanan diatas dengan registrasi (mendaftar), terutama yang benar-benar gratis. Karena dengan mendaftar biasanya akan diberikan fitur lebih banyak termasuk ukuran upload yang lebih besar.

Semoga Bermanfaat
Tulisan Terakhir





BENGKEL KOMPUTER





Tidak ada komentar:

Posting Komentar