Benteng Pendem

Minggu, 13 November 2011

Bengkel Komputer - Memodifikasi Tampilan Windows XP sendiri menjadi Windows 7 atau Windows 8


Malam Minggu 12 November 2011, ada sobat Bengkel Komputer ke rumah untuk keperluan minta tolong di install win xp. Dilihat spesifikasinya, komputer sobat Bengkel Komputer tersebut adalah berprocessor AMD Barton 2500+ dengan mainboard Asus A7V8X-X yang berjalan dengan memori 512 Kingston pc3200. Adapun VGA Cardnya adalah G4 MX 440 128 mb 128 bit dari PixelView. Dilihat dari harddisknya, berkapasitas 20 gb Baracuda dengan dibagi 3 partisi. Jadi partisi C- nya saja yang akan di isi sebagai system OS.

Karena Waktu senggang, kalau diinstal win xp saja sudah biasa. Jadi windows xp nya akan di modifikasi menjadi tampilan win 7. Karena jika di install win 7, mungkin komputer sobat Bengkel Komputer tersebut akan berat, berbeda dengan kinerja jika berjalan di OS Win xp. Bagi yang suka mengutak-ngatik komputer, Bengkel Komputer akan share sedikit mengenai  cara merubah tampilan Win XP menjadi Win 7. Postingan ini untuk sobat Bengkel Komputer yang masih setia dengan O S Windows XP. Bagi Anda yang tetap ingin menggunakan Windows XP tetapi ingin mencoba segala keindahan Windows 7, postingan ini pasti berguna. Postingan ini akan menjelaskan bagaimana cara mengubah theme, icon, boot screen, welcome screen, dll pada Windows XP menjadi seperti Windows 7.

Screenshot Sebelum dimodifikasi :

Berhubung caranya yang cukup ekstrim, ada baiknya kita mengaktifkan dan membuat restore point untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi yang belum tahu cara membuat system restor point, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Seperti biasa system restore berada di  klik star - all Program - accesories - system tools dan klik system restore

Pada menu system restore, kita buat system restore dengan klik tombol ceate pada menu welcome sysem restore.

Jangan lupa isi deskripsi pada menu create system restore.

Pada widows XP ini yang akan di modifikasi adalah :
  • Windows Theme atau Visual Style
  • Icon
  • Boot Screen
  • Welcome Screen
  • Taskbar
  • Wallpaper
  • Aero Shake, Aero Snap dan Aero Peek
  • Calculator dan WordPad
  • Tambahan
LANGKAH 1
Tetapi sebelumnya, Windows XP Anda harus di-patch terlebih dahulu dengan menggunakan UXTheme Patcher.
  • Download UXTheme Patcher untuk Windows XP SP2 dapat klik disini (ukuran file 3,7 MB)
  • Download UXTheme Patcher untuk Windows XP SP3 dapat klik disini (ukuran file 420,78 KB)

Setelah semua tools tersebut kita dapatkan, berikutnya restart komputer kita dan jalankan dengan mode SAFE MODE (atau pada saat booting tekan tombol F8 untuk masukke ke pilihan SAVE MODE).  Karena langkah patch dilakukan dalam posisi windows xp safe mode. Selanjutnya jalankan file tersebut untuk kita patch windows xp-nya.

setelah di patch, restart kembali windowsnya dan masuk ke windows normal.



LANGKAH 2 (Memodifikasi Themes Windows XP)
Langkah berikutnya kita harus merubah themes windows xp=nya menjadi themes win7. Di sini dijelaskan bagimana mengubah font, toolbar dan theme pada Windows XP menjadi seperti Windows 7. Setelah di-patch, barulah kita bisa memodifikasi segala tampilan pada Windows XP. Untuk themesnya dapat di download disini. (6.53 MB)
Setelah themes di download, adapun langkah-langkah yang dijalankan adalah sebagai beikut :
  • Jalankan program/file First Install Me.msi yang terdapat pada folder Styler Toolbar dari paket SEVENVG RTM THEME
  • Kemudian jalankan program dengan mengklik file then run me.exe pada folder yang sama.
  • Berikutnya jalankan program dengan mengklik file theme.exe pada folder theme yang terdapat pada paket yang sama (SEVENVG RTM THEME hasil download diatas)
  • Jalankan program dengan mengklik file font exe.exe pada folder font yang terdapat pada paket yang sama 
  • Terakhir jalankan  program install pada folder Iconized Taskbar Hack yang terdapat pada paket tersebut.
Setelah melakukan langkah-langkah instalsi diatas, terakhir kita rubah themesnya yang terdapat pada display properties. Themes ini otomatis sudah terdapat didalamnya.
Sampai disini biasanya Windows Xp kita sudah terlihat seperti windows 7 bukan. Sebenarnya cukup di sini saja tampilan Windows XP kita sudah lumayan berubah. Tetapi terserah Anda ingin terus mengikuti langkah-langkah berikutnya atau berhenti sampai di sini.

LANGKAH 3 (Memodifikasi Icon)
langkah ketiga adalah merubah icon yang ada di windows xp. Icon pada Windows 7 sama dengan icon yang ada pada Windows Vista yang memiliki resolusi tinggi. Untuk mengubah icon diperlukan aplikasi bernama Stardock IconPackager dan icon packnya

Untuk Stardock IconPackager dapat di download disini

Untuk icon pack dapat di download disini (ukuran file 1,43 MB)

Sayangnya aplikasi ini berbayar. Tapi tak ada salahnya kalau kita mencobanya. Buka file bernama VistaVG.iconpackage menggunakan Stardock IconPackager kemudian apply.

LANGKAH 4 (Memodifikasi Boot screen)
Untuk mengubah boot screen, kita tidak perlu menggunakan cara yang rumit dan berbahaya. Cukup dengan menggunakan fitur pengganti boot screen dari TuneUp Utilities saja.

Download file boot screen-nya dengan cara klik disini (4.75 KB)
Ekstrak file boot screennya, kemudian buka file tersebut dengan menggunakan TuneUp Utilities. Jika belum punya software Tune Utilities, tenang saja, dapat di download disini.(ukuran file 8,87 mb dengan SN nya). Gunakan fasilias customise windows pada menu TuneUp Utilities tersebut.

LANGKAH 5 (Memodifikasi Welcome Screen)
Untuk Welcome Screen, kita harus me-replace file bernama logonui.exe yang terletak di %windir%system32 dengan file baru yang bisa di-download di sini.(1.38 Mb)

Kalau Anda kesulitan mereplace, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama replacer. Softwarenya bisa didownload disini 
(http://www3.telus.net/_/replacer/).

LANGKAH 6 (Memodifikasi Taskbar)
Lalu kita akan mengubah taskbar menjadi superbar. Apa itu Superbar ? Superbar adalah taskbar pada Windows 7 yang hanya menampilkan icon pada daftar programnya sehingga lebih menghemat tempat. Berbeda dengan Windows versi terdahulu yang masih menampilkan nama program pada taskbar. Ikuti cara-cara di bawah ini untuk mengubahnya.
  1. Buka Start->Run atau Win + R
  2. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip)
  3. Akses key berikut ini : HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\WindowMetrics
  4. Perhatikan kolom sebelah kanan. Buat string baru bernama MinWidth dengan cara klik kanan kemudian New->String
  5. Isi value data-nya dengan angka -255
  6. Klik OK dan restart komputer untuk melihat hasilnya.

Untuk mengembalikannya seperti semula, Anda cukup menghapus string MinWidth tersebut. Hasil yang sudah di modifikasi taksbarnya dapat dilihat dalam screen berikut ini :


LANGKAH 7 (Memodifikasi dengan Aero Shake, Aero Snap dan Aero Peek)
Mungkin kata berikut ini terdengar asing bagi Anda. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan pengertiannya terlebih dahulu.

Aero Shake adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk me-minimize semua jendela nonaktif hanya dengan menggoyang-goyangkan jendela aktif. Misalnya kita sedang bekerja dengan banyak jendela tetapi yang kita gunakan saat itu hanya 1 saja dan kita ingin me-minimize semua jendela nonaktif saat itu maka kita cukup dengan menggoyang-goyangkan jendela aktif itu.

Download Aero Shake dapat klik disini (ukuran file 293,7 KB)
Aero Snap adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk me-minimize dan me-maximize suatu jendela hanya dengan menggesernya ke salah satu sisi monitor. 

Download Aero Snap dapat klik disini (ukuran file 924,07 KB)
Aero Peek adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk menampilkan desktop dan memunculkan aplikasi yang sedang berjalan dalam bentuk kotak kecil yang bisa diintip apa isinya bila kita mengarahkan pointer di atasnya. Hampir mirip dengan fitur Show the Desktop. 


Download Aero Peek dapat klik disini (ukuran file 1,09 MB)
Jangan lupa, untuk memodifikasi dengan Aero Shake, Aero Snap dan Aero Peek, Windows XP kita sudah teinstal .NET Framework 2.0 dan .NET Framework.3.5. Jika belum punya, dapat didownload yang dapat diinstall secara offline.
Download .NET Framework 2.0 dapat klik disini (ukuran file 23,61 MB)
Download .NET Framework 3.5 dapat klik disini (ukuran file 2,82 MB)


Dalam modifikasi ini, Komputer sobat Bengkel Komputer diinstall .NET framework 4.0, dan tidak ada masalah. Untuk mencobanya .NET framework dapat didownload disini (ukuran file 48,11 MB)

Calculator dan Wordpad
Aplikasi bawaan pada Windows 7 mengalami perubahan pada GUI misalnya seperti Calculator yang memiliki 3 modus kalkulasi dan WordPad yang sudah menganut konsep ribbon. Sekarang pengguna Windows XP pun sudah bisa merasakan hal itu hanya dengan menambah beberapa aplikasi kecil.


Untuk Calculator, hanya tampilannya saja yang dapat diterapkan pada Windows XP dan fiturnya tetap seperti dulu. Download Calculator di sini.(ukuran file 422,41 kB)

Untuk Wordpad, pengguna Windows XP dapat merasakan seperti halnya WordPad pada Windows 7 yang sudah menggunakan konsep ribbon untuk menunya. Download Wordpad disini. (322,75 kB)

Perlu diketahui bahwa aplikasi di atas berjalan dengan menggunakan Microsoft .NET Framework. Jadi pastikan Microsoft .NET Framework sudah ter-install pada komputer Anda. Disarankan .Net Framework versi 3.5.


LANGKAH 8 (Memodifikasi Welcome Screen)
Seperti yang ketahui bahwa Windows 7 dapat menampilkan logo Windows Orb tepat sebelum welcome screen seperti halnya Windows Vista. Windows XP pun juga dapat melakukan hal seperti itu. Caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Download logo Windows Orb disini
  2. Simpan di sembarang tempat dan ingat tempatnya misalnya di C:Startup.bmp
  3. Klik Start->Run atau tekan Win + R
  4. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip)
  5. Akses key berikut ini : HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop
  6. Perhatikan kolom sebelah kanan dan klik ganda string bernama Wallpaper
  7. Ubah value data-nya sesuai lokasi penyimpanan Startup.bmp. Misalnya isikan dengan C:\Startup.bmp bila file-nya tersimpan pada drive C
  8. Klik OK dan restart untuk melihat hasilnya
LANGKAH 9 (Memodifikasi VisualTasktips) 
Lamgkah terakhir adalah memodifikasi visualtasktips sebagai finishingnya. Langkahnya adalah install program file visualtasktips untuk menambah kemiripan windows XP anda dengan windows 7.

Download Visualtasktips dapat klik disini. (ukuran file 195,93 KB)
Tampilan setelah memodifikasi visualtipstask adalah seperti sceenshoot berikut :


atau cara lainnya untuk mengaktifkan Superbar ini sangat mudah, download ViGlance dari alamat http://lee-soft.com/viglance/, buka dan langsung jalankan file ViGlance OneStep.exe. Otomatis Taskbar windows XP akan berubah. Untuk mengembalikan ke tampilan sebelumnya cukup klik kanan icon ViGlance (yang ada di systray/pojok kanan taskbar) dan pilih menu Exit.

Satu hal (fitur menarik) yang belum ada di ViGlance adalah adanya thumbnail, jadi ketika mouse kursor digerakkan diatas icon, hanya terlihat text atau tulisan (judul window) saja. Tetapi sepertinya hal ini juga menjadi target untuk versi berikutnya (ketika saya mencoba versi ViGlance 1 build 1077 belum ada thumbnail setiap programnya)

Agar tampilan icon berukuran 48×48, maka kita harus meng-Unlock Taskbar dan mengubah ukuran taksbar (me-resize dengan menariknya) sehingga tingginya menjadi 2x-nya.

Download ViGlance (zip file 328,02 KB) dapat klik disini
Untuk tampilan taskbar dengan ViGlance dapar dilihat pada screenshoot berikut ini

Langkah-langkah diatas dapat dijalankan masing-masing/tersendiri dan dapat dimodifikasi tersendii.

Tambahan :
Untuk merubah star menu menjadi windows XP dapat di klik disini ((ukuran file 249,21 KB)
Tampilan star Menu yang sudah di modifikasi :


Catatan :
  1. Untuk visual stylenya dapat di download berbagai tampilan lainnya silahkan melihat-lihat di deviantart, ThemeXP, joejoe.org forum juga neowin forum.
  2. Dengan cara yang sama kita dapat merubah tampilan Windows XP kita menjadi tampilan Windows Vista, windows 8.dengan modifikasi sendiri, berbeda dengan cara installer seperti Windblid, Seven Transformation Pack atau yang lainnya yang sudah baku. dan yang pasti gratis.
  3. Hati-hati dalam memodifnya ya.,
Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba

Tulisan Terakhir


BENGKEL KOMPUTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar